Sabtu, 14 Februari 2009

Fenomena Lowongan Kerja untuk Sarjana Kelautan

Perkembangan bidang kelautan Indonesia dewasa ini sangat pesat. Indonesia adalah negara kepulauan yang 2/3 wilayahnya adalah laut, jadi sudah semestinya Sarjana Kelautan (S.Kel.) memiliki daya serap tinggi di bursa kerja. Perkembangan Jurusan Ilmu Kelautan di Universitas di Indonesia pun semakin pesat seperti di UNDIP, UNHAS dan akhir-akhir ini sudah dikembangkan di Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan juga di UNPAD.

Namun, bila dicermati informasi lowongan kerja saat ini, khususnya untuk perusahaan swasta, lowongan kerja khusus untuk Sarjana Kelautan masih sangat terbatas. Sebagai contoh di perusahaan pertambakan. Peluang yang masih besar untuk Sarjana Kelautan adalah sebagai PNS di Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), terkadang di Bappenas dan kadang di Bank BUMN yang memang membutuhkan Sarjana Kelautan. Untuk perusahaan swasta, Sarjana Kelautan masih bisa banyak berharap dari lowongan untuk semua jurusan seperti Management Trainee, Development Programme dan posisi lain yang membutuhkan sarjana dari semua jurusan.

Dengan berkembangnya bidang kelautan di Indonesia, sudah seharusnya stakeholder, khususnya perusahaan yang bergerak di bidang kelautan maupun perusahaan multibidang yang kegiatan perusahaannya "bersinggungan" dengan laut, lebih membuka mata terhadap Sarjana Kelautan yang memang dibentuk untuk mampu mengatasi permasalahan di bidang Kelautan. Buat para Sarjana Kelautan jangan berkecil hati karena masih sangat banyak peluang kerja yang bisa kita masuki, dan di masa mendatang pasti banyak dibutuhkan lulusan Kelautan. Banyak-banyaklah berusaha dan berdoa kepada Tuhan YME, pasti kita semua akan sukses. Amiiien...

1 komentar:

  1. Yups,,

    Semangat buat teman2 "seperguruan" ..

    aku mau kasih tau kalian salah satu tujuan kedepanku, hehe.

    "...Menunjukkan bahwa:
    1. Aku tidak salah masuk Jurusan Kelautan, dan
    2. Aku tidak salah "bersibuk-sibuk" di Organisasi,
    ada hasilnya, yang Kakekku bilang dengan kata worthy,, hehe..."

    BalasHapus