Sabtu, 04 September 2010

Tips Sukses CPNS

Sukses dalam mengikuti tes CPNS merupakan impian banyak orang. Berikut ini saya berikan tips berdasarkan pengalaman saya, alhamdulillah saya lolos tes CPNS di Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2009 lalu. Berikut ini tipsnya, semoga dapat membantu.

  1. Pelajari isi situs Kementerian/Lembaga yang mengadakan tes tersebut, seperti sejarah berdirinya Kementerian/lembaga tersebut, struktur organisasinya, kegiatan-kegiatan terbaru yang dilaksanakan, dan hasil dari kegiatan tersebut, seperti isi perjanjian-perjanjian.
  2. Pilih formasi yang sesuai dan kansnya besar.
  3. Ikuti aturan dari panitia, berikan berkas sesuai yang diminta panitia.
  4. Pelajari Buku-buku soal2 CPNS, seperti TPA, pengatahuan umum, dll karena akan sangat membantu mengetahui gambaran soal.
  5. Pada saat tes tertulis harus tenang, tidak usah gugup/grogi.
  6. Untuk wawancara yang pertama harus diperhatikan adalah penampilan. Diusahakan berpenampilan rapi dengan busana seperti yang diminta panitia pengadaan CPNS. Pelajari formasi yang anda pilih seperti gambaran kerjanya dan juga dasar hukumnya. Jawab pertanyaan dengan tenang dan harus jujur apa adanya.
  7. Tips terakhir adalah yang paling utama, banyak berdoa, untuk muslim rajin sholat dan berdoa, kalau perlu sholat berjamaah, sholat dhuha dan tahajud. Doa ini yang nantinya memuluskan jalan kita.

Diperlukan juga keberuntungan untuk lolos tes CPNS, satu lagi yang saya tekankan dan paling utama, berdoa. Semoga sukses semua teman-teman.

1 komentar: